Wednesday, January 26, 2011

Kambing Etawa dan Makanannya

Kambing Peranaan Etawa (PE) dalam hal pemeliharaan tidak jauh beda dengan kambing-kambing lokal lainnya. Khusus untuk makanan kambing etawa juga tidak memerlukan makanan khusus pada intinya sama dengan kambing-kambing lainnya. Sebagai contoh macam makanan untuk kambing etawa sebagai berikut..
Untuk hal ini kalau di paparkan secara rinci munkin butuh waktu lebih dalam waktu sehari.

Tapi di sini saya akan menyampaikan uraian singkatnya pada dasarnya Jenis dan cara jagungpemberiannya disesuaikan dengan umur dan kondisi ternak. Pakan yang diberikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral,( bila di pelajari secara runtut menurut disiplin ilmu peternakan ) mudah dicerna, tidak beracun dan disukai ternak, murah dan mudah diperoleh.

Pada dasarnya ada dua macam makanan, yaitu hijauan (berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (berasal dari kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral). untuk jenis HMT ( hijauan makanan ternak ) dapat saya sebutkan berdasar pengalaman para peternak yang telah memelihara kambing jenis etawa dan berdasar para nara sumber yang berdasar para petani banyak sekali macam untuk HMT beberapa jenis akan saya sebutkan :





kaliandraKaliandraDadap
Glagahan
Rumput Gajah
Daun NangkaDaun Singkong ( beserta singkongnya )
Daun Ketul sapi
Jagung Muda beserta pohonnya
Daun Sengon ,MahoniDaun Waru Rengis
Daun rereside.

Ketul-sapidan dan beberapa rumput yang namanya asing untuk di sebutkan..


kemudian untuk beberapa makanan tambahan seperti : Polar,Bungkil,Gula Jawa,Singkong ,Buah nangka (hijau)kulit kedelai.dll

Cara pemberiannya :

Diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore),sedang untuk volume kira kira berat rumput 10% dari berat badan kambing, berikan juga air minum 1,5 – 2,5 liter per ekor per hari, dan rumput-gajahgaram berjodium secukupnya.
Untuk kambing bunting, induk menyusui, dan pejantan yang sering dikawinkan perlu ditambahkan makanan penguat dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 – 1 kg/ekor/hari.

Maju Bersama Petani dan Kita Berbagi….
(kambingetawa.org)

Print this post

Artikel Terkait..



No comments:

Post a Comment